WHATSAPP 081229772909

Gunungkidul, Sentra Industri Kerajinan Batu Paras Jogja


0
Categories : Uncategorized

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan Ibukotanya Wonosari. Wonosari terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta (Ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan jarak ± 39 km. Wonosari terdiri dari 14 desa, salah satunya adalah Desa Baleharjo :

Desa Sedayu Baleharjo merupakan sentra industri kerajinan batu paras yang cukup terkenal di Kabupaten Gunungkidul. Di desa ini terdapat beberapa sanggar pahat batu yang memproduksi berbagai jenis, bentuk, dan ukuran kerajinan. Bahan baku yang digunakan aumumnya berbahan baku batu paras.

Di desa ini  tidak hanya disuguhkan hasil kerajinan pahat batu yang sudah jadi, tetapi kita juga dapat memesan langsung sesuai dengan selera pemesan. Pemesan dapat menggunakan sampel atau desain dan ukuran sendiri untuk didiskusikan bersama pemahat pada saat pemesanan berlangsung.

Salah satu desa Baleharjo adalah kelurahan di kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

 Gunungkidul merupakan wilayah yang sebagian besar terdiri dari batu-batuan terutama batu putih.

, sehingga bagi masyarakat setempat dapat dimanfaatkan untuk menambah pendapatan. Sentra Industri Kerajinan Batu Alam di Gunungkidul terletak di Desa Ngeposari Kecamatan Semanu, Jenis produksi berupa batu ornament, loster,lampion, batu tempel putih, dan batu tempel hitam (bahan baku dari luar Gunungkidul). Wilayah pemasaran kerajinan batu alam dari Gunungkidul meliputi daerah lokal sampai ke wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jakarta, Bali, dan Lombok. Bahkan beberapa jenis produk sudah di ekspor.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *